Sabtu, 09 Agustus 2014

Berziarah ke Maqam Buya Abdul Ghoni al Khalidi


Alhamdulillah, pada hari Sabtu, tanggal 9 Agustus 2014 kemaren, bersama sejumlah sahabat, aku berziarah ke maqam salah satu aulia Allah dari Bumi Kampar tempo dulu, di sela waktu silaturrahmi kami menghadiri acara aqiqahnya putri rekan kami. Beliau seorang alim dan sufi besar buya Abdul Ghoni al Khalidi Batu Bersurat Kampar. Kebetulan maqam Buya cukup dekat dengan rumah  rekanku tersebut yang sama-sama mengajar di SMA dan merupakan salah satu alumni pesantren yang didirikan oleh murid-murid Buya Abdul Ghoni al Khlaidi. 

Buya Abdul Ghoni al Khalidi

Beliau Lahir di Batu Bersurat, Kampar, pada tahun 1811 dan wafat tahun 1981. Mulanya, makamnya berada di tepian hulu Sungai Kampar, lokasi dimana PLTA Koto Panjang berada. Namun, setelah PLTA itu dibangun, pada tahun 1995, dipindahkan ke lokasi tempat makam ini kini berada. Cukup banyak perististiwa karamat yang mengiringi pemindahan makam Buya ini, sehingga makin mengukuhkan posisi buya di mata masyarakat sebagai salah seorang wali Allah yang mempunyai maqamat yang tinggi di sisi Allah SWT.

Kondisi makam Buya Abdul Ghani sangat terjaga kerapian dan kebersihannya. Makamnya, berada di sebuah gedung persegi berukuran sedang, berjendela lebar. Posisinya berada tepat di sisi kiri gedung, diberi kelambu warna putih. Ditengah-tengah nisan, ditaburi bebatuan kali. Adapun tingginya tak lebih dari 30 cm, memiliki tiga undakan yang terbuat dari keramik warna biru muda. Di samping maqam juga digelari Tikar untuk memudahkan para peziarah untuk berzikir atau membaca surat Yasin.

Di dalam lokasi yang sama, terdapat lima makam yang juga dibuat dari keramik, namun warnanya agak gelap dan agak lebih rendah nisannya.  Kelima makam tersebut adalah para kerabat Syekh Abdul Ghani. Kondisinya sama dengan nisan Syekh Abdul Ghani, bersih sangat terawat.

Persis di samping makam Syekh Abdul Ghani, berdiri sebuah musholla yang dinamai “Surau Suluk”. Bangunannya cukup besar, lebih besar dari bangunan tempat makam Syekh Abdul Ghani. Surau ini difungsikan oleh jamah Tariqat Nahsyabandi untuk beribadah dan berbagai aktifitas ritual ke-Islaman lainnya. Setiap tahun ada rombongan jamaah tariqah Naqsabandiyyah melakukan ziarah bersama-sama ke kompleks maqam ini. Kompleks maqam dan Surau Suluk tersebut berada di samping posisi sebuah daerah agak lebih tingga dari jalan raya, dan di atas lerengnya ada kebun jagung sehingga cukup terawat dan tidak ada semak-semak liar.

Semoga dengan perjalanan Ziarahku ini makin menanamkan sebuah kesadaran ke dalam diriku akan kebesaran ulama-ulama zaman dahulu sehingga semangat untuk menggali dan menelusuri sifat istiqomah mereka akan semakin menguat.  Rasa hormatku juga semakin dalam mengingat Buya al Khalidi juga adalah salah satu putra Kampar yang telah menjalin persahabatan dengan Kakek orang yang sangat kuhormati juga. Menurut guru yang kuhormati al Habib Muhammad Taufik bin Hamzah Assagaf, Buya Abdul Ghoni sangatlah menghormati kakek beliau seorang ulama besar juga dahulu dari jajaran para alim ulama kesultanan Siak, yaitu al Habib Segaf Banahsan bahkan telah terjalin hunbungan Ijazah ilmu, bahkan ketika di Makkah mereka pernah berdua sama-sama memasuki ruang dalam ka'bah, tentu saja ini menandakan maqamat yang tinggi di sisi Allah dari dua Hamba Allah yang sangat kuhormati ini.

Perlahan kutinggalkan makam dari salah satu kekasih Allah SWT ini dengan penuh rasa takzim serta perasaan betapa kita ini tidak ada apa-apanya dibanding para ulama terdahulu, debu saja di kaki mereka lebih mulia di banding kita yang dho'if dan lemah akal pikiran serta adab ini. Semoga lantunan ayat alqur'an yang kubaca disamping maqam buya abdul ghoni ini disampaikan Allah untuk menerangi kubur Buya bersama juga dengan Kubur sahabatnya al Habib Segaf banahsan. Amin ya Rabb. 


Untuk pentutup kata, berikut Bloger kutip sebuah manaqib lagi dari Buya Abdul Ghoni yang ditulis sendiri oleh seorang cicit beliau, Drs. Pahrul Kamal MP.d

Kamis, 28 Maret 2013


Profil Syekh Haji Abdul Ghani el Kholidi







Tidak ada komentar:

Posting Komentar