Sabtu, 22 Februari 2014

Pengalaman Pertama Jadi Dosen

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga cita-citaku untuk bisa mengajar di level perguruan tinggi. Suatu ketika ketua jurusan Fisika sebuah perguruan tinggi negri di daerahku memintaku untuk mengajar di sana. Walaupun statusku hanya sebagai dosen tamu atau dosen honorer, namun hatiku sudah senang. Yang penting punya link dan jangkauan luas untuk mengembangkan diri dan bersosialisasi dengan komunitas-komunitas atau orang-orang yang mengerti apa sebenarnya yang tengah kulakukan dan kubicarakan. Di sisi lain, kesempatan mengajar ini juga membantuku untuk dapat belajar lebih banyak lagi soal bidang keahlianku yaitu Fisika. Dengan adanya banyak Dosen serta orang tempat kita bertukar pikiran, maka makin terbukalah wawasan kita, di sisi lain akan memberi saya wadah untuk dapat menularkan ilmu-ilmu fisika yang telah kupelajari selama ini yang terkadang topiknya terlalu jauh untuk bisa di tularkan dibangku SMA.

Memang benar kata pepatah, hanya seniman pelukis yang benar-benar mengetahui nilai dari sebuah lukisan,jika pun ada penikmat seni yang tidak bisa melukis mau membeli dengan harga tinggi, boleh jadi mereka membeli agar disebut sebagai orang berkelas dan berbudaya saja. Begitu juga, hanya orang yang benar2 berkecimpung dalam ilmu akan mengetahui nilai orang yang berilmu. Hanya mereka saja. Berada di lingkungan para doktor fisika membuatku merasa ada gunanya aku susah payah mempelajari secara mandiri topik2 fisika lanjut yang sama sekali tidak ada relevansinya di level SMA. Seperti relativitas umum dan teori medan kuantum serta teori string,..sikap simpatik sang ketua jurusan yang merupakan seorang profesor fisika material yang sangat menhargai passionku dalam fisika teoretis membuatku bersemangat.

Lalu apa visiku dan targetku ke depan dengan menyibukkan diri juga untuk mengajar di level perguruan tinggi? terus terang aku sangat tertarik dengan tawaran bapak ketua jurusan tersebut bahwa ia akan mencarikan cara bagaimana aku harus pindah tugas PNS ke situ dan bergabung dengan grup mereka. Tapi ku sadari itu sangat sulit, sudah banyak yang mencoba untuk bisa pindah dari guru PNS menjadi dosen PNS, tapi selalu terbentur di dikti urusannya. Jadi dalam hal ini ku tidak berharap banyak. Sudah diberi kesempatan untuk berkiprah di sini bagiku sudah sangat kusyukuri,...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar