Rabu, 30 Juli 2014

Konsep Ziarah Kubur

ZIARAH KUBUR PARA WALI DALAM LITERATUR KITAB ULAMA’ SALAF

1 Okt
ZIARAH KUBUR PARA WALI DALAM LITERATUR KITAB ULAMA’ SALAF
๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑๑
• Disebutkan dalam kitab Tahdzibu At Tahdzib karya Imam Ibnu Hajar, ketika menulis sejarah Imam Ali bin Musa Ar Ridha disebutkan :
قبر الإمام علي بن موسى الرضا زاره جماعة من علماء ومشايخ السنة وعلى رأسهم الحفظ الكبير إمام أهل الحديث في وقته محمد بن إسحاق بن خزيمة ، قال الحاكم في تاريخ نيسابور :
Kubur Imam Ali bin Musa ar Ridha telah diziarahi oleh banyak Ulama’ dan Masyayikhu as sunnah, diantaranya adalah Imam besar Ahli Hadits [yang benar-benar Ahli dalam bidang Hadits] Ibnu Khuzaimah.
(Ibnu Hajar, Tahdzibu At Tahdzib: 7/339)
وسمعت أبا بكر محمد بن المؤمل بن الحسن بن عيسى يقول : خرجنا مع إمام أهل الحديث أبي بكر بن خزيمة ، وعديله أبي علي الثقفي ، مع جماعة من مشايخنا ، وهم إذ ذاك متوافرون إلى زيارة قبر علي بن موسى الرضا عليه السلام بطوس ، قال : فرأيت من تعظيمه يعني ابن خزيمة لتلك البقعة ، وتواضعه لها، وتضرعه عندها ما تحيرنا .
• Disebutkan dalam kitab At Tsiqat karangan Ibnu Hibban ketika mengomentari kubur Al Imam Ar Ridha sebagai berikut:
وقبره بسنا باذ خارج النوقان مشهور يزار بجنب قبر الرشيد قد زرته مرارا كثيرة وما حلت بي شدة في وقت مقامى بطوس فزرت قبر على بن موسى الرضا صلوات الله على جده وعليه ودعوت الله إزالتها عنى إلا أستجيب لي وزالت عنى تلك الشدة وهذا شيء جربته مرارا فوجدته كذلك أماتنا الله على محبة المصطفى وأهل بيته صلى الله عليه وسلم الله عليه وعليهم أجمعين.
” Saya telah mengunjungi kuburannya berkali-kali. Bahkan ketika saya mengalami kesulitan di Thus, saya datang ke kuburnya dan saya berdo’a kepada Allah agar dihilangkan kesusahan itu. Maka hilanglah kesulitan-kesulitan itu”.
(Ibnu Hibban, At Tsiqat: 8/457)
• Disebutkan dalam kitab Tarikh Baghdad Karya al Imam al Hafizh Abu Bakr Ahmad bin Ali; yang lebih dikenal dengan al Khathib al Baghdadi (w 463 H), sebagai berikut:
قبر سلمان الفارسي، قال الخطيب في ترجمته: وحضر فتح المدائن ونزلها حتى مات بها، وقبره الآن ظاهر معروف بقرب إيوان كسرى، عليه بناء، وهناك خادم مقيم لحفظ الموضع وعمارته، والنظر في أمر مصالحه، وقد رأيت الموضع، وزرته غير مرة.
” Al Khatib al Baghdadiy ketika menulis tentang Kubur Salman al Farisi berkata: Dia [Salman Al Farisi] ikut dalam fath al Madain sehingga meninggal disana. Kuburannya sekarang masih ada di dekat Iwan Kisra. Saya telah melihatnya dan mengunjunginya beberapa kali”.
(al Khathib al Baghdadi (w 463 H), Tarikh Baghdad: 1/163)
• Disebutkan dalam kitab Masyahiru Ulama’ al Amshar karya Ibnu Hibban
قبر الصحابي المعروف أبو الدرداء عويمر بن عامر بن زيد الأنصاري، قال الحافظ أبو حاتم بن حبان: وقبره بباب الصغير بدمشق مشهور يزار، قد زرته غير مرة.
Ibnu Hibban ketika menulis tentang Seorang Shahabat nabi Abu Darda’ al Anshari: Dan kuburnya di bab as Shaghir Damaskus yang telah masyhur dan banyak diziarahi, saya telah menziarahinya berkali-kali.
(Ibnu Hibban, Masyahiru Ulama’ al Amshar: 322)
• Disebutkan dalam kitab Thabaqat As Syafiiyyah karya Ibnu Qadhi Syuhbah sebagai berikut:
قال أبو بكر أحمد بن محمد المعروف بابن قاضي شهبة الدمشقي الشافعي في ترجمة أحمد بن علي الهمداني : والدعاء عند قبره مستجاب . طبقات الشافعية لابن قاضي شهبة ج1 ص 158 رقم 14 ط. دار الندوة الجديدة / بيروت سنة 1407هـ – 1987م .
Abu Bakar bin Muhammad ketika menuliskan biografi Ahmad bin Ali Al Hamdani berkata: Berdo’a di kuburnya termasuk mustajab.
(As Subki, Thabaqat As Syafi’iyyah)
• Sebaimana disebutkan dalam kitab Siyaru a’lami an Nubala’ karya Ad Dzahabi sebagai berikut:
والدعاء عند قبره مستجاب. سير أعلام النبلاء ج17 ص 76 ط. مؤسسة الرسالة / بيروت
do’a di kuburnya termasuk mustajab.
(Ad Dzahabi, Siyaru a’lami An Nubala’: 17/76)
• Disebutkan oleh ad Dzahabi dalam kitab Siyaru a’lami an Nubala’ ketika berbicara tentang biografi Abu al Hasan Ali bin Humaid ad Dzahli:
وكان ورعاً تقياً محتشماً يتبرك بقبره. سير أعلام النبلاء ج18 ص 101
Dia seorang yang bertakwa, ditabarruki kuburnya.
(Ad Dzahabi, Siyaru a;lami an Nubala: 18/101)
• Disebutkan juga dalam kitab Takmilatul Ikmal karya Al Hafidz Abu Bakar Muhammad bin Abdul Ghani al Baghdadi dalam menyebutkan biografi Sa’id bin Abi Sa’id Al Jamidi :
وكان شيخاً صالحاً وأبوه، يتبرك بقبره، مشهور بالزهد. تكملة الإكمال ج2 ص 331 ط. جامعة أم القرى / مكة المكرمة سنة 1410 هـ
Sa’id bin Abi Sa’id dan bapaknya adalah seorang Syeikh yang shalih. Ditabarruki kuburnya, terkenal akan kezuhudannya.
(Al Hafidz Abu Bakar Muhammad bin Abdul Ghani al Baghdadi, Takmilatul Ikmal: 2/331)
• Ad Dzahabi dalam kitab siyaru a’lami an Nubala’ berkata dalam biografi Abu al Hasan ali bin Humaid ad Dzuhali:
وكان ورعاً تقياً محتشماً يتبرك بقبره. سير أعلام النبلاء ج18 ص 101
Dia seorang yang wara’ dan ditabarruki kuburnya.
• Ibnu Khallikan menulis dalam kitabnya Wafayatul a’yan ketika menulis biografi Ibnu Faurik:
ودفن بالحيرة، ومشهده بها ظاهر يزار، ويستسقى به، وتجاب الدعوة عنده. وفيات الأعيان ج4 ص 272 رقم 610 ط. دار الفكر / بيروت.
Dia dikuburkan di al Hiirah, masyhadnya banyak diziarahi, istisqa dengannya dan diijabahi do’a disana.
(Ibnu Khallikan, Wa fayatul A’yan: 4/272)
• Ibnu Al Ammad al Hanbali dalam kitabnya Syadzaratu Ad Dzahab ketika menuliskan biografi al Hafidz Shubhi bin Ahmad at Tamimi
والدعاء عند قبره مستجاب. شذرات الذهب ج3 ص 109 وفيات سنة ( 384هـ) ط. دار الكتب العلمية / بيروت .
” Berdo’a di kuburnya termasuk mustajab”.
• Sebagaimana Ibnu Ammad ketika menuliskan biografiAbu Ja’far bin Musa Abdul Khaliq bin Isa, Seorang Syeikh dari madzhab Hanbali:
… ولزم الناس قبره، فكانوا يبيتون عنده كل ليلة أربعاء ويختمون الختمات، فيقال إنه قريء على قبره تلك الأيام عشرة آلاف ختمة … الخ. شذرات الذهب ج3 ص 337 وفيات عام ( 470هـ).
Para manusia berdiam diri di kuburnya, mereka bermalam disana setiap malam Rabu dan mengkhatamkan al Qur’an beberapa khataman.
• Sebagaimana Abu Ya’la al Hanbali dalam kitabnya Thabaqat Al Hanabilah ketika menuliskan biografi Abu al Hasan bin Ali bin Muhammad al Baghdadi:
ومات بآمد سنة سبع أو ثمان وستين وأربعمائة، وقبره هناك يقصد ويتبرك به. طبقات الحنابلة ج2 ص 234 رقم 670 ط. دار المعرفة / بيروت.
“Dia meninggal tahun 467 atau 468, kuburnya banyak didatangi dan ditabarruki”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar