Selasa, 15 Juli 2014

Shaykh Dr. Gibril Fouad Haddad

Biography

Sh Gibril Haddad
 Shaykh Dr. Gibril Fouad Haddad adalah seorang Ulama terkenal dan pemimpin agama/Imam. Beliau sangat dihormati karena usahanya yang tak kenal lelah serta keilmuannya dalam mempertahankan arus utama kaum muslimin yaitu Sunni Islam tradisional; untuk tulisan dan karya terjemahan beliau yang cermat dan ilmiah, serta komitmen beliau dalam menyebarkan dakwah sunnah sebagai difahami oleh para Ulama Salaf.

Pada 1960 di  Beirut, Lebanon, Shaykh Haddad dilahirkan dalam sebuah keluarga Katolik Lebanon. Belakangan beliau merantau ke UK dan Amerika untuk melanjutkan pendidikannya. Pada  1991, ketika sedang kuliah di Pasca Sarjana  Columbia University di New York, Allah SWT memberi beliau hidayah untuk memeluk Islam.

Di tahun yang sama beliau bertemu dengan Mursyidnya  Mawlana Shaykh Nazim al-Haqqani dari Cyprus, dari beliau dia mengambil Tariqah Naqshbandi. Tidak berapa lama kemudian, beliau bertemu  Shaykh Hisham Kabbani,  yang membimbing beliau dalam sains suci Tassawuf.

Selama satu dekade beliau belajar di Damascus, di bawah bimbingan banyak ulama puncak yang ada di sana seperti  Shaykh Nur Al Din Itr, Shaykh Adib Kallas, Shaykh Muhammad Al-Yaqubi, Shaykh Abd Al-Hadi Kharsa, Dr Samer Al-Nass dan Dr. Muhammad Muti Al-Hafiz.
Sekarang beliau adalah sosok ulama yang mumpuni, imam, pengarang dan penerjemah yang telah diakui sebagai satu dari 500 sosok Muslim paling berpengaruh di dunia. Beliau memperoleh ijazah ilmu dari lebih 150 ulama dari penjuru dunia Islam.

Shaykh Haddad telah menulis lusinan buku dan ratusan artikel. Buku terbarunya “The Muhammadan Light In the Qur’an, Sunnah and Companion reports.” Daftar lengkap buku-buku beliau dapat dicek di  www.livingislam.org.

Sebelumnya beliau mengajar di institute Qibla. Shaykh Haddad saat ini tinggal bersama keluarganya di  Brunei, Darussalaam dan Dosen tamu di  Sultan Omar Ali Saifuddin Center for Islamic Studies, University Brunei Darussalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar