Selasa, 15 Maret 2011
Syekh Abdul Ghani Batu Basurek-Kampar (1811-1961): Pemuka Ulama Naqsyabandiyah dan Auliya’ yang terbilang di belahan Riau, ranah Minangkabau
Oleh: Apria Putra
Di
belahan aliran Sungai Kampar, di sebelah negeri seribu rumah Suluk,
semasa dulu kala terkemuka dengan ulama-ulamanya yang masyhur terbilang.
Di antara ulama-ulama yang terkemuka keberadaannya itu, tersebutlah
orang tokoh yang paling masyhur terutama ketika membicarakan persebaran
Tarikat Ahli Sufiyah, terutama Tarikat Naqsyabandiyah. Dua ulama besar
itu ialah Maulana Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi dan Syekh Abdul
Ghani Batu Basurek Kampar. Syekh Abdul Wahab terkenal murid-muridnya
yang berasal dari orang awam hingga pejabat-pejabat pemerintahan, sedang
Syekh Abdul Ghani Batu Basurek terkenal dengan murid-muridnya yang
berasal dari ulama-ulama belaka. Dua ulama besar Naqsyabandiyah inilah
yang terkemuka di pantai Timur Sumatera.
Syekh Abdul Ghani itulah
nama Beliau yang masyhur, sedangkan Batu Basurek ialah nisbah negeri
beliua bermukim yang Batu Bersurat di Kampar, yang sekarang termasuk
wilayah Riau, semasa dulu Kampar merupakan bagian rantau dari Luak
Limapuluh Kota, ranah Minangkabau sejati. Jika disebut-sebut ulama
penyebar Naqsyabandiyah di Kampar ini, ada satu tokoh lagi yang tak
mungkin tidak disebut, yaitu Syekh Ja’far Pulau Gadang, alim pula, guru
dari seorang Ulama Besar Minangkabau Syekh Zakaria Labai Sati Malalo.
Namun soal kemasyhuran, dan ketersebutan dalam sejarah, tetap Syekh
Abdul Ghani yang terbilang.
Mengenai tahun lahir belum ditemui
cacatan pasti, namun dari usia Syekh Abdul Ghani yang mencapai umur 150
tahun dan tahun wafatnya 1961, niscaya kita jumpai tahun lahirnya 1811.
Bagi orang-orang dulu, apatah lagi dia merupakan Syekh-syekh terkemuka
memang dikenal berumur panjang. Begitupula pendidikan awalnya, dimasa
kecil-kecil tentunya, masih pula kabur dalam kabut sejarah. Namun dapat
dipastikan bahwa Beliau merupakan ulama hasil didikan surau-surau yang
menjamur seantero Minangkabau kala itu. Setelah menahun mengaji ala
surau itu, Beliau melanjutkan pertualangan intelektualnya ke Haramain
(Mekah dan Madinah), pusat Ibadah sekaligus ilmu pengetahuan kala itu.
Dan menurut sumber Belanda, van Bruinessen, di Mekkahlah tepatnya di
Jabal Abi Qubais-lah Syekh Abdul Ghani menerima ijazah atas jalan
Tarikat Naqsyabandiyah, sebagai petanda bahwa beliau telah diangkat
menjadi khalifah Naqsyabandi dan berhak mengajarkan ilmu Tarikat kepada
orang banyak secara mandiri. Adapun syekh Naqsyabandi yang memberinya
ijazah itu ialah Syekh Sulaiman Zuhdi, yang pada abad 19 banyak
mengangkat khalifah-khalifah dari tanah “Jawi” (baca: Melayu) ini,
beliau juga dikenal dengan nama Syekh Sulaiman Afandi.
Setelah
mengaji ilmu agama beberapa tahun lamanya dan telah pula di-khatam kaji
itu dengan amalan Rohani Suluk Tarikat Naqsyabandiyah, kemudian menerima
ijazah dalam Tarikat Sufi itulah Syekh Abdul Ghani memapankan karir
ke-ulama-annya di Kampar, tepatnya di Batu Basurek. Di sanalah beliau
mendirikan surau sekaligus rumah Suluk untuk mengajar agama dan melatih
rohani dengan melaksanakan Suluk Naqsyabandi. Tak perlu menunggu waktu
lama, surau beliau itu kemudian ramai sekali dikunjungi oleh orang-orang
siak dari berbagai penjuru daerah. Nama Beliau selaku ulama terkemuka
dalam kedalaman ilmu dan kedalaman faham masyhur kemana-mana. Melalui
lembaga pendidikan itulah beliau mendidik murid-murid yang banyak,
sehingga tak sedikit murid-murid beliau itu nantinya yang menjadi alim
pula, kemudian pulang ke kampung halaman masing-masing selaku ulama dan
mengajarkan ilmu pula di tanah kelahirannya. Tak jarang pula ada
murid-muridnya yang telah ulama mengambil ilmu lagi kehadarat Syekh
Abdul Ghani ini.
Diantara murid-murid Beliau yang terkemuka dan dapat dicatat pada kesempatan kali ini ialah:
1.
Maulana Syekh Muda Wali al-Khalidi Naqsyabandi Aceh (w. 1964). Ulama
besar kharismatik di Aceh abad ke-XX, tercatat sebagai pengibar bendera
Tarikat Naqsyabandiyah di Aceh, juga termasuk sesepuh Perti yang sangat
disegani. Syekh Wali ini pada mula belajar ilmu agama di berbagai Dayah
di Aceh. Kemudian disarankan seorang tokoh di Aceh untuk menyambung
pelajar ke Padang yaitu ke Normal Islam, yang saat itu dipimpin Mahmud
Yunus (Prof.). Namun Syekh Wali hanya 3 bulan di Normal Islam Padang,
sebab tak sesuai dengan cita-cita beliau untuk memperdalam agama, sedang
di Normal Islam hanya pelajaran umum yang banyak diberikan. setelah
berhenti dari Normal Islam, beliau berkenalan dengan salah seorang tokoh
besar Syekh Khatib Muhammad Ali al-Fadani Parak Gadang (w. 1939). Dari
hubungan dengan ulama-ulama itu beliau menjadi masyhur pula di
Minangkabau, hingga Beliau digelari dengan “Angku Aceh”. Syekh Wali juga
berkenalan dengan Syekh Jamil Jaho. Karena ketertarikannya dengan
pemuda yang alim itu, Syekh Jamil Jaho mengambilnya menjadi menantu.
Banyak usaha keagamaan yang dilakukan oleh Syekh Wali di Minangkabau
sampai-sampai beliau mendirikan madrasah di Lubuk Alung bersama-sama
dengan rekannya Syekh Zakaria Labai Sati Malalo (madrasah itu tidak ada
lagi sekarang). Setelah itu Syekh Wali berangkat ke Mekkah untuk berhaji
dan menambah ilmu pengetahuan, di Mekkah beliau seangkatan dengan ulama
masyhur dari Padang Syekh Muhammad Yasin al-Fadani al-Makki (w. 1990)
dan Syekh Alwi al-Husaini Mekkah. Sekembali dari Mekkah beliau pulang ke
Minangkabau. Di saat itulah beliau merasakan haus dahaga ilmu. Obat
satu-satunya kali itu ialah mengisi batin dengan air Ma’rifat. Maka
Beliau carilah seorang mursyid yang kamal, sehingga bersuluklah Beliau
kepada Syekh Abdul Ghani ini, hingga memperoleh maqam khalifah dan
mendapat ijazah.
2. Syekh Muhammad Yunus Tuanku Sasak di Sasak,
Pasaman. Juga merupakan ulama besar, termasuk sederet tokoh-tokoh sepuh
Perti. Beliau mengajar banyak murid di suraunya di Kapar Pasaman Barat.
3.
Syekh Muhammad Djamil Sa’adi (w. 1971), anak dari yang mulia Syekh
Muhammad Sa’ad bin Tinta’ al-Khalidi Mungka Tuo Payakumbuh. Informasi
beliau merupakan murid Batu Basurek ialah dari beberapa murid
kepercayaan beliau di Mungka.
4. Syekh Adimin ar-Radji Taram (w.
1970), terbilang murid tertua Syekh Sulaiman ar-Rasuli. Ulama terkemuka
atas Jalur Tasawwuf Tarikat Naqsyabandiyah yang diterimanya dari Syekh
Batu Basurek.
5. Tuanku Alaydrus Ghani (w. ?), anak kandung dari
Syekh Abdul Ghani Batu Basurek. Beliau yang melanjutkan surau ayahnya
dan mendirikan pula Madrasah Tarbiyah Islamiyah di Kampar. Menerima
Tharikat dari Syekh Muda Wali Aceh.
6. Prof. DR. Syekh Muhibbin Wali,
Ph. D., salah seorang Ahli hukum Islam dan Tasawwuf Indonesia, S3 Kairo
Mesir. Anak kandung Syekh Muda Wali, menerima Tharikat dari Syekh Abdul
Ghani Batu Basurek
7. dan Banyak lagi lainnya.
Selain itu Syekh
Abdul Ghani termasuk tokh sepuh Perti yang sangat dihormati. Pada tahun
1954 terjadi kofrensi Tarikat Naqsyabandiyah di Bukittinggi atas
prakarsa Perti, dan salah seorang tokoh utama yang hadir ialah Syekh
Abdul Ghani (waktu itu usia nya telah sepuh). Hasil-hasil konfrensi itu
dibukukan dengan judul Risalah Tablighul Amanah fi Izalati Khurafat wa
syubhah (KAHAMY, 1954).
Syekh Abdul Ghani wafat tahun 1961 dalam
usia yang sangat tua, 150 tahun, setelah berkhitmat lama menegakkan
agama di Minangkabau umumnya. Usaha beliau dilanjutkan oleh anaknya yang
juga alim yaitu Tengku ‘Aidrus Ghani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar